Present Perfect Tense

Present Perfect Tense

Penjelasan lengkap apa itu present perfect tense mulai dari pengertian, fungsi, materi, rumus, definisi, penjelasan, dan contoh kalimat. Berdasarkan teori sederhana, hanya ada tiga bentuk dasar tenses di dalam bahasa Inggris, yaitu Present, Past, dan Future. Present tense dipergunakan untuk menyatakan peristiwa atau aksi yang terjadi saat ini ataupun untuk suatu pernyataan umum; Past tense berfungsi untuk segala sesuatu yang terjadi di masa yang telah lampau; sedangkan Future tense dipergunakan untuk menunjukkan kejadian ataupun aksi yang belum terjadi atau akan terjadi di masa depan dan juga akan berakhir di masa depan.

Kemudian,penggunaan tenses dibagi lagi ke dalam tiga kategori, yaitu simple, continuous, dan perfect. Sehingga, muncullah Simple Present, Present Continuous, Present Perfect dan Present Perfect Continuous untuk Present tense; Simple Past, Past Countinuous, Past Future, Past Perfect dan Past Perfect Continuous.

Pada artikel berikut, kita akan membahas dan mempelajari tentang Present Perfect Tense.

Pengertian Present Perfect Tense

Present perfect tense yaitu merupakan bentuk dari kata kerja dimana biasanya dipakai untuk menyatakan suatu situasi dan tindakan yang sudah dimulai pada masa lalu serta hingga sekarang masih berlanjut, atau tindakan/ situasi tersebut telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun memiliki dampak yang masih berlanjut sampai sekarang. Present perfect ini terdiri dari gabungan beberapa aspek perfect atau ketepatan dengan bingkai waktu sekarang, bukan masa lalu. Secara singkatnya, tense yang satu ini dipergunakan sebagai penghubung antara masa lalu dan masa sekarang.

Pembentukan Kalimat Present Perfect Tense

Pembentukan kalimat Present perfect tense menggunakan auxiliary verbhave” atau “has”, dan past participle (verb-3). Penggunaan auxialary verbHave”  untuk subjek tunggal (I, you), subjek jamak (plural) (they, we), kata benda jamak (plural noun) (boys, men), serta subjek compound dengan kata penghubung “and” (you and I, Tom and Jack). Sedangkan has digunakan pada singular subjek seperti: third person singular pronoun (seperti: she, it, he) juga singular noun (seperti: man, brother, etc).

Sedangkan Past participle terbentuk dengan akhiran -ed, -en, -d, -t, -n, atau -ne pada base form yang berupa regular verb. Pada base form yang berupa irregular verb, past participle memiliki bentuk yang tidak konsisten atau dapat berubah bentuk dari bentuk asalnya (base form).

Perhatikan rumus atau pola kalimat present perfect tense untuk kalimat positif, negatif, dan interogatif.

Rumus Present Perfect TenseKalimat Present Perfect Tense
kalimat positif / affirmative (+)We have learned Math with Ms Anna for one year.
S + auxiliary verb (have/has) + past participle (verb-3)John has lived in Bandung for five years.
kalimat negative (-)We have not learned Math with Ms Anna for one year.
S + auxiliary verb (have/has) + not + past participle (verb-3)John hasn’t lived in Bandung for five years
kalimat interrogative (?)Have we learned Math with Ms Anna for one year?
auxiliary verb (have/has) + S + past participle (verb-3)Has John lived in Bandung for five years?

Sebagai penghubung antara masa lampau dan masa sekarang, kalimat present perfect tense memiliki keterangan waktu tertentu. Berikut ini merupakan beberapa time expression (keterangan waktu) yang dapat digunakan pada kalimat present perfect.

  • already (sudah)
  • just (baru saja)
  • recently, lately (belum lama ini)
  • ever (pernah)
  • yet (masih)
  • for + period of time up to present: for an hour (selama satu jam), for three days (selama tiga hari), for two weeks (selama dua minggu), for six months (selama enam bulan), for few years (selama beberapa tahun)
  • since + beginning time: since last night(sejak kemarin), since 8 pm (sejak jam 8 malam), since December (sejak Desember), since we first talked (sejak kita pertama berbicara), since I moved there (sejak saya pindah kesana)

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Melalui penjelasan di atas kita telah memahami pengertian dan rumus dari present perfect tense. Untuk bisa menggunakan serta mengenalinya dengan tepat, tentu saja kita juga harus memahami penggunaannya, yaitu sebagai berikut:

1. Penggunaan pola tersebut untuk menjelaskan tentang suatu aksi atau peristiwa di masa lalu tanpa melihat kapan tepatnya terjadi.

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

  • Can you recommend the most delicious Sundanese restaurant in this town? Yes, I’ve visited all of them.

(Dapatkah kamu merekomendasikan restoran Sunda yang paling lezat di kota ini? Ya, saya telah mengunjungi semuanya.)

  • I’ve heard the news about your planning to continue study to Japan.

(Saya sudah mendengar kabar tentang rencana kamu untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang.)

2. Digunakan ketika menjelaskan saat terjadinya suatu peristiwa atau aksi yang telah terjadi berulang kali pada masa lampau (adverb of number dapat digunakan).

Contoh Kalimat Present Perfect

  • Anton has sent you messages since last night.

(Anton sudah mengirimkanmu pesan sejak kemarin malam.)

  • I have watched Transformer’s movie several times.

(Saya sudah menonton film Transformer beberapa kali.)

3. Berfungsi untuk mengungkapkan aktivitas atau situasi yang dimulai pada masa lampau dan kemudian dilanjutkan sampai sekarang (belum selesai).

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

  • Me and my family have lived in Bogor for 3 months.

(Saya dan keluarga telah tinggal di Bogor selama 3 bulan.)

  • She has studied Business in Germany since January.

(Dia telah sekolah Bisnis di Jerman sejak bulan Januari.)

  • My mother has worked already/lately/ up to now.

(Ibu saya sudah bekerja sampai sekarang.)

4. Berfungsi untuk membicarakan suatu aksi atau kejadian yang terjadi belum lama ini. Dalam konteks ini kita dapat menggunakan kata keterangan (Adverb) “recently” dan lately” (not long ago).

Contoh Kalimat Present Perfect

  • Have you visited any supermarket recently?

(Apakah kamu mengunjungi suatu pusat perbelanjaan baru-baru ini?)

  • Ms Jasmine hasn’t been too well lately.

(Bu Jasmine tidak terlalu sehat belum lama ini.)

5. Dapat pula berfungsi untuk membicarakan suatu aksi atau peristiwa yang baru saja terjadi atau perbuatan yang baru saja dilakukan atau dialami. Kata keterangan (Adverb) “just” (= very recently) dapat digunakan pada fungsi ini.

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

  • Raymond has just sent me a beautiful bucket of flowers.

(Raymond baru saja mengirimkan saya sebuah buket bunga yang cantik.)

  • The rain’s just stopped.

(Hujan baru saja berhenti.)

[the rain’s = the rain has]

6. Dapat digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang tidak diketahui

Contoh Kalimat Present Perfect Tense :

  • Someone has eaten my grilled chicken!
  • Have you seen ‘Lord of The Rings’?

Yang harus diperhatikan adalah present perfect tense biasa dipakai pada saat kejadian yang menghubungkan antara masa sekarang (present) dan masa lalu (past). Apabila kita bisa mengingat hal ini dengan baik, present perfect akan menjadi materi yang mudah untuk dimengerti. Maka dari itu perlu sekali untuk menhafalkan beberapa tense yang memiliki perbedaan dan kemiripan agar tidak salah saat menggunakannya. Selamat belajar, ya!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Present Perfect Tense yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment