Report Text

Report Text

Penjelasan lengkap apa itu report text mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, materi pelajaran, definisi, dan contoh kalimat. Dalam bahasa Inggris, kita mengenal beberapa jenis teks, ada Descriptive Text, Narrative Text, dan Procedure Text. Nah, pada artikel kali ini, kita akan mempelajari satu jenis lagi bentuk teks bahasa Inggris, yaitu Report Text. Apa itu Report Text dan apa perbedaannya dengan jenis teks yang lainnya? Semua akan dibahas dalam artikel berikut.

Pengertian Report Text

Report text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang bertujuan mengumumkan hasil penyelidikan atau mengumumkan suatu kabar. Informasi atau berita yang disampaikan melalui Report Text adalah informasi yang sangat umum. Dalam penulisan Report Text, penulis akan menggambarkan suatu objek secara umum atau general. Suatu objek tersebut dapat berupa manusia, tumbuhan, hewan, dan bahkan benda. Sebagai contoh, kita sedang membicarakan kucing, maka kita akan membahas  bentuk, sifat, serta karakter kucing pada umumnya.

Tujuan dari Report Text

Tujuan penulisan Report text adalah untuk memberikan gambaran terhadap sesuatu secara jelas, berdasarkan pada hasil observasi atau penelitian serta melalui proses analisa sistematis. Secara singkat, Report Text mengungkapkan fakta-fakta dari suatu objek yang diperkuat dengan adanya bukti secara ilmiah.

Unsur Bahasa Report Text

  • General Nouns : Benda atau (baik itu hidup atau mati) yang bersifat general atau umum. Mari kita lihat contohnya : Persian Cats >< My cat. Persian Cats ini bersifat general atau umum. Sementara My Cat lebih khusus.
  • Relating Verbs : Sisebut juga dengan linking verbs dalam grammar bahasa Inggris. Contohnya adalah to be [am, is, are: present], look, sound, taste dan lain-lain.
  • Timeless Present Tense : Merupakan penanda waktu pola simple present tense ketika menjelaskan tentang kebiasaan objek yang dibahas, seperti kata-kata “usually, rarely, often, always, dan lain-lain.
  • Technical Terms : Terdapat istilah yang mencakup pada teks laporan tersebut. Contoh : Pada tulisan tentang “sport” maka, menggunakan istilah-istilah olah raga yang seharusnya.
  • Introducing Group or General Aspect : Report Text merupakan penjelasan akan hasil dari sebuah penelitian, sehingga bahasa yang digunakan adalah berbagai bahasa yang menggambarkan suatu objek secara general atau umum.

Struktur Penulisan Report Text

Dalam penyusunan Report Text, terdapat beberapa struktur generic yang menjadi acuan bagi penulis, yaitu sebagai berikut:

  • General Clasification

Bagian awal tulisan menjabarkan pernyataan secara umum tentang objek yang akan dibicarakan atau dibahas. General Classification biasanya berisi subjek laporan, keterangan, serta klasifikasinya.

  • Description

Pada bagian Description, penulis biasanya akan memberi gambaran akan fenomena-fenomena yang terjadi, baik tingkah lakunya, sifat-sifatnya, bagian-bagiannya, dan kebiasaannya, Penggambaran atau deskripsi tersebut diungkapkan dengan metode penulisan ilmiah.

Ciri-Ciri Report Text

  • Report Text mempergunakan bahasa penulisan ilmiah, karena memiliki tujuan untuk memberikan gambaran terhadap suatu objek dengan melalui penelitian dan analisa ilmiah.
  • Penulisan report text menggunakan kalimat berpola simple present tense Hal ini karena Report Text mengungkapkan fakta akan suatu objek secara ilmiah.
  • Judul pada suatu Report Text biasanya bersifat general atau umu, seperti Buying A Car dan bukan Mitsubishi MPV Vehicles.
  • Penulis Report Text biasanya dmenyertakan gambar, data statistik seperti diagram atau peta untuk membuktikan kepada pembaca bahwa hasil penelitiannya diperoleh melalui proses secara ilmiah.

Report Text dan Descriptive Text

Secara sekilas, Report Text dan Descriptive Text terlihat sama, namun kenyataannya kedua genre teks ini berbeda. Cara paling sederhana dalam membedakan report text dan descriptive text adalah melihat terlebih dahulu apakah objek yang digambarkan tersebut bersifat umum atau khusus. Jika objek yang dibahas tersebut bersifat umum, berarti jenis textnya adalah Report Text. Sebaliknya, jika tulisan bersifat khusus, berarti jenis textnya adalah Descriptive Text.

Sebagai contoh, pada penjelasan descriptive text kita membuat tulisan tentang Taman Safari Indonesia. Di dalam tulisan akan membahas seperti apa layout Taman Safari Indonesia, letaknya serta kapan didirikannya. Tulisan hanya fokus dan secara khusus membahas satu objek yang bernama Taman Safari Indonesia. Sementara itu, akan berbeda ketika kita berbicara tentang Kebun Binatang. Kita akan mendeskripsikan desain atau model kebun binatang pada umumnya, kemudian hewan apa saja yang biasanya berada di kebun binatang, cara pemeliharaan hewan-hewan di kebun binatang, dan hal umum lainnya tentang kebun binatang.

Disamping itu, Report Text biasanya memberikan gambaran akan suatu objek dari sudut pandang ilmiah. Oleh karena itu penulisannya diikuti oleh penjelasan tentang hasil penelitian ataupun observasi terhadap objek yang sedang dibahas.

Contoh Report Text

Report Text Concerning Cat

Cats

Cats additionally known as the Felis catus or Felis domesticus (with its scientific name: European wildcat catus or Felis catus) may be a form of carnivorous craniate of the family Felidae. The word “cat” typically refers to a “cat” that has been tamed, however may consult with the “big cats” like lions and tigers.

Cats area unit thought of as “perfect carnivore” with teeth and specific GI tract. the primary bicuspid and molar teeth kind a combine of fangs on all sides of the mouth that works effectively as a combine of scissors to tear the meat. though these options additionally exist within the family Canidae or dog, however these traits area unit higher developed in cats. in contrast to alternative carnivores, cats eat virtually non vegetable substance. Bears and dogs typically eat berries, roots, or honey as a supplement, whereas cats solely eat meat, typically freshly killed prey. In captivity, cats cannot adapt to a eater diet as a result of they will not synthesize all the amino acids they have from plant material; it’s in distinction with domesticated dogs, that normally area unit fed a mix of meat and vegetables and typically it will adapt to a totally eater meal.

Cats have mingled with human life since a minimum of 6000 B.C., from the skeleton of the cat found on the island of Cyprus. the traditional Egyptians of 3500 B.C. have used cats to stay away the rats or alternative rodents from the barn wherever the crops were saved.Currently, the cat is one in all the foremost in style pet within the world. Cats that his lines area unit recorded formally as a cat breeds or pure breed area unit Persian, Siamese, Manx, and also the sphinx. These varieties of cat area unit typically bred in official captivity animal. the amount of purebred cat is simply 1 Chronicles of all cats within the world; the remainder may be a cat with mixed ancestry like wild cats or domestic cats.

Terjemahan Report Text :

Kucing

Kucing yang juga dikenal sebagai kucing Felis atau Felis domesticus (dengan nama ilmiahnya: kucing kucing liar Eropa atau felis catus) mungkin merupakan bentuk peti karnivora dari keluarga Felidae. Kata “kucing” biasanya mengacu pada “kucing” yang telah dijinakkan, namun dapat berkonsultasi dengan “kucing besar” seperti singa dan harimau.

Kucing dianggap sebagai “karnivora sempurna” dengan gigi dan saluran GI tertentu. gigi bikuspid dan molar primer semacam kombinasi taring di semua sisi mulut yang bekerja secara efektif sebagai kombinasi gunting untuk merobek daging. meskipun opsi ini juga ada dalam keluarga Canidae atau anjing, namun unit area ciri-ciri ini lebih tinggi dikembangkan pada kucing. berbeda dengan karnivora alternatif, kucing makan hampir tidak nabati. Beruang dan anjing biasanya makan buah beri, akar, atau madu sebagai suplemen, sedangkan kucing semata-mata makan daging, biasanya mangsa yang baru dibunuh. Di penangkaran, kucing tidak dapat beradaptasi dengan diet pemakan sebagai akibat dari mereka tidak akan mensintesis semua asam amino yang mereka miliki dari bahan tanaman; itu berbeda dengan anjing peliharaan, unit area yang biasanya memberi makan campuran daging dan sayuran dan biasanya akan beradaptasi dengan makanan yang benar-benar pemakan.

Kucing telah bereuni dengan kehidupan manusia sejak minimal 6000 SM, dari kerangka kucing yang ditemukan di pulau Siprus. orang Mesir tradisional dari 3500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhi tikus atau hewan pengerat alternatif dari gudang di mana pun tanaman diselamatkan. Saat ini, kucing adalah satu dari semua hewan peliharaan gaya terkemuka di dunia. Kucing yang unit area jalurnya tercatat secara formal sebagai ras kucing atau unit area ras murni Persia, Siam, Manx, dan juga sphinx. Varietas unit area kucing ini biasanya dibiakkan pada hewan penangkaran resmi. jumlah kucing ras hanyalah 1 Kronik dari semua kucing di dunia; sisanya mungkin kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing domestik.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment