Segitiga Sama Kaki

Penjelasan lengkap apa itu segitiga sama kaki mulai dari pengertian, rumus, ciri-ciri, cara menghitung, simetri putar, sudut, dan contoh. Dalam geometri, segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua sisinya memiliki panjang yang sama. Kadang-kadang dikatakan bahwa kedua sisinya memiliki panjang yang sama, dan kadang-kadang memiliki setidaknya dua sisi yang memiliki panjang yang sama, oleh karena itu, bentuk yang terakhir memasukkan segitiga sama sisi dalam kasus-kasus khusus.

Studi matematika segitiga sama kaki dapat ditelusuri kembali ke matematika Mesir kuno dan matematika Babilonia. Segitiga sama kaki telah digunakan untuk dekorasi sejak lama, dan sering muncul dalam arsitektur dan desain, seperti pada atap pelana dan atap pelana arsitektur.

Rumus Segitiga Sama Kaki

Rumus segitiga sama kaki

L = 2 x (½.a.t) atau L = a x t

Huruf a diatas ialah Alas Segitiga Sama Kaki dan t merupakan tinggi Segitiga tersebut.

Luas dan Keliling Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua diantara sisi segitiganya sama panjang. Selain itu, segitiga sama kaki juga memiliki sepasang sudut yang sama besar. Perhatikan gambar segitiga ABC yang merupakan contoh segitiga sama kaki. AC = BC dan Sudut A = sudut B.

Rumus untuk menghitung luas dan keliling segitiga sama kaki adalah sebagai berikut.

Luas segitiga = ½.alas.tinggi

Keliling segitiga = alas + 2.sisi miring

contoh soal 1

Diketahui sebuah segitiga sama kaki memiliki panjang alas 10cm, dan tinggi 12cm, tentukan luas dan kelilingnya?

Penyelesaian :

Diket : alas = 10cm dan tinggi = 12 cm

Dit : luas dan keliling ?

Jawab :

luas = ½.alas.tinggi

luas = ½. 10 . 12

luas = 60 cm²

karena sisi miring belum diketahui maka kita blm dapat menghitung kelilingnya, mari kita hitung dulu sisi miringnya. sebuah segitiga sama kaki itu sebenarnya adalah dua buah segitiga siku2, perhatikan gambar segitiga ABC diatas. Perhatikan segitiga ACE, berdasarkan soal ini berarti panjang alas AE adalah 5cm, dan panjang CE adalah 12cm. Sehingga untuk mencari panjang AC kita dpt menggunakan phytagoras.

AC² = AE²+CE²

AC² = 5²+ 12²

AC² = 25 + 144

AC² = 169

AC = √169

AC = 13 CM

keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

keliling = 10 + 13 + 13

keliling = 33 cm

contoh soal 2

Sebuah segitiga sama kaki diketahui memiliki keliling 32cm dan alas 12cm. Tentukan berapakah luasnya?

Penyelesaian :

Diket : keliling = 32 cm dan alas = 12 cm

Dit : luas?

Jawab :

keliling = alas + 2.sisimiring

32 = 12+2.sisimiring

32 – 12 = 2. sisi miring

20 = 2. sisimiring

sisi miring = 20/2

sisi miring = 10 cm

kita bisa mencari tinggi segitiga menggunakan phytagoras dan membagi segitiga sama kaki tersebut menjadi dua buah segitiga seperti pada gambar segitiga ABC diatas. Perhatikanlah segitiga ACE, panjang alas AE = 12/2 = 6cm, dan panjang AC = 10 cm maka kita dapat menghitung panjang CE menggunakan rumus phytagoras seperti berikut ini.

CE² = AC² – AE²

CE² = 10² – 6²

CE² = 100 – 36

CE² = 64

CE = √64

CE = 8 cm

Sehingga,

luas = ½ . alas . tinggi

luas = ½ . 12 . 8

luas = 48 cm²

Sifat Segitiga Sama Kaki

Sifat segitiga sama kaki
  1. Dua kaki sama

Seperti terlihat pada gambar segitiga di atas, kedua kakinya adalah AB dan AC. Panjang AB dan AC sama. Inilah yang membuatnya menjadi segitiga sama kaki. Kedua sisi yang sama ini disebut kaki dan ukurannya persis sama.

  1. Kedua sudut kakinya sama

Sudut B dan Sudut C adalah dua sudut pada kaki segitiga sama kaki. Dan keduanya memiliki amplitudo yang sama. Tidak harus 60 derajat seperti pada segitiga sama sisi. Sudut kaki bisa sudut apapun, asalkan kurang dari 90 derajat.

  1. Memiliki satu simetri

Simetri lipat ini dapat diperoleh dengan melipat segitiga ABC ke atas menggunakan sumbu simetri AD. Ya, garis AD digunakan sebagai sumbu simetri.

  1. Memiliki sumbu simetri

Mengingat segitiga Samakaki hanya memiliki satu simetri, ia juga hanya memiliki satu sumbu simetri. Terlihat dari gambar di atas bahwa sumbu simetri adalah garis lurus AD.

  1. Memiliki simetri rotasi

Segitiga samakaki yang diputar akan otomatis terisi saat diputar 360 derajat atau lingkaran penuh. Ini membuatnya hanya memiliki satu simetri rotasi.

Ciri-Ciri Segitiga Sama Kaki

Ciri-ciri segitiga sama kaki

Ciri-ciri segitiga sama kaki :

  • Dua dari tiga sisinya sama panjang.
  • Memiliki 2 sudut yang sama besar.
  • Mempunyai 1 simetri lipat.
  • Mempunyai 1 simetri putar.

Simetri Putar Segitiga Sama Kaki

Simetri putar segitiga sama kaki

Simetri lipat dan simetri rotasi. Simetri lipatan mengacu pada jumlah lipatan di mana sebuah bidang dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama. Untuk mengetahui kesimetrisan lipat pada bentuk datar, dapat dibuat melalui eksperimen yang ukurannya mirip dengan kertas yang diuji, untuk melengkapi kesimetrian lipat. Lipat kertas menjadi dua. Jika Anda melipat bentuk menjadi dua, satu lipatan dapat menutupi lipatan lainnya dengan benar, dan dikatakan memiliki simetri lipat.

Simetri rotasi adalah banyaknya belokan yang dapat dilakukan pada suatu bentuk di mana rotasi akhirnya akan membentuk pola yang sama sebelum rotasi, tetapi tidak akan kembali ke posisi semula. Jika terdapat titik pusat, maka bentuk tersebut memiliki simetri rotasi, dan bentuk tersebut dapat diputar kurang dari satu lingkaran penuh sehingga bentuknya persis seperti bentuk aslinya.

Percobaan dapat dilakukan serupa dengan percobaan simetri lipat, tetapi metodenya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Jika suatu bentuk berputar melalui pusatnya dan dapat menempati posisi aslinya, maka bentuk tersebut dikatakan memiliki simetri rotasi. Banyaknya bentuk dalam lingkaran yang menempati posisi aslinya menunjukkan jumlah simetri rotasi. Arah putaran mengikuti arah jarum jam.
Sumbu simetri adalah garis yang membagi bentuk menjadi dua bagian yang sama. Ini adalah sumbu simetri dari beberapa bentuk.

Berikut ini simetri lipat, simetri putar dan sumbu simetri beberapa bangun datar :

NoNama Bangun DatarSimetri LipatSimetri PutarSumbu Simetri
1Segitiga samakaki11

Gambar Segitiga Sama Kaki

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak benda dengan berbagai bentuk. Misalnya benda-benda yang berupa segitiga, persegi panjang, lingkaran dan bentuk lainnya. Nah, dalam hal ini, kami akan memberikan beberapa contoh benda segitiga samakaki yang mengelilingi kita.

Dibandingkan dengan bentuk lainnya, bentuk segitiga memang unik. Contohnya adalah penggaris segitiga. Penggaris ini sering digunakan oleh anak sekolah untuk menggambar garis vertikal saat menggambar objek.

Sebelum menjelaskan objek segitiga lebih jauh, sebaiknya pahami apa itu segitiga dan propertinya. Demikian tafsir tentang pengertian segitiga dan sifat segitiga.

Segitiga adalah bentuk dua dimensi dengan tiga sisi (sisi) dan tiga simpul. Jika semua sudut simpul dijumlahkan, hasilnya 180 °.

Buatlah segitiga dengan salah satu segitiga terbawah. Tinggi segitiga adalah garis tegak lurus sisi alas, yang menghubungkan ke puncak yang menghadap ke sisi alas.

Menurut panjang sisinya, segitiga dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Pada saat yang sama, menurut bentuk sudutnya, segitiga dibagi menjadi segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul.

Mengingat ukurannya, luas dan keliling segitiga dapat dihitung. Temukan luas segitiga sebagai 1/2 × alas × tinggi. Pada saat yang sama, rumus untuk mencari keliling segitiga adalah jumlah semua sisi atau sisi + sisi + sisi.

Contoh Segitiga Sama Kaki

penggaris

sisi samping piramida

alat musik triangle

atap rumah

rambu lalu lintas

hanger

kue yang berbentuk segi tiga

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/