Struktur Kurikulum Paud

Sebagai orang tua yang paham akan pentingnya pendidikan sejak dini, tentu saja kita tidak asing dengan istilah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Namun, tahukah Anda bahwa pada tahun 2013, struktur kurikulum PAUD mengalami perubahan signifikan?

Modul Belajar Struktur Kurikulum PAUD 2013

Segera setelah perubahan tersebut terjadi, Modul Belajar Struktur Kurikulum PAUD 2013 dirilis untuk membantu para pendidik dalam menyusun kurikulum yang efektif. Modul tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Modul Belajar Struktur Kurikulum PAUD 2013

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PAUD 2013

Selain itu, terdapat juga Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PAUD 2013 (“Kerangka Dasar”) yang disusun untuk membantu para pendidik dalam merancang dan mengembangkan kurikulum yang efektif. Anda dapat melihat bagan dari Kerangka Dasar tersebut pada gambar di bawah ini:

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PAUD 2013 PPT - PAUD JATENG

Apa itu Kurikulum PAUD?

Kurikulum PAUD adalah suatu rencana pembelajaran yang ditetapkan oleh para pendidik di PAUD dengan tujuan memberikan anak-anak usia dini dasar-dasar pendidikan yang meliputi perilaku, emosi, sosial, kreativitas, kognitif dan bahasa.

Mengapa Kurikulum PAUD 2013?

Kurikulum PAUD 2013 dibuat untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Kurikulum ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Kapan Kurikulum PAUD 2013 Berlaku?

Kurikulum PAUD 2013 mulai berlaku pada tahun 2013, menggantikan Kurikulum PAUD sebelumnya.

Dimana Kurikulum PAUD 2013 Berlaku?

Kurikulum PAUD 2013 berlaku di seluruh PAUD di Indonesia, baik yang berada di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Kelebihan Kurikulum PAUD 2013

Kurikulum PAUD 2013 menaruh perhatian pada pengembangan anak dalam berbagai aspek, seperti sikap, psikomotorik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa. Kurikulum ini juga memiliki pendekatan belajar yang berpusat pada anak-anak sehingga memungkinkan mereka untuk belajar sambil bermain.

Kekurangan Kurikulum PAUD 2013

Salah satu kekurangan dari Kurikulum PAUD 2013 adalah kurangnya pendanaan untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaannya. Hal ini dapat membuat para pendidik kesulitan dalam memenuhi kebutuhan anak-anak dan memberikan pengalaman belajar yang optimal.

Bagaimana Kurikulum PAUD 2013 Diterapkan?

Untuk menerapkan Kurikulum PAUD 2013, para pendidik dapat mengikuti panduan dalam Modul Belajar Struktur Kurikulum PAUD 2013 atau Kerangka Dasar. Para pendidik juga dapat mengembangkan strategi belajar yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan motivasi dan minat anak-anak dalam belajar.

Cara Mendukung Anak dalam Pembelajaran Kurikulum PAUD 2013

Sebagai orang tua, Anda juga dapat mendukung anak-anak Anda dalam pembelajaran Kurikulum PAUD 2013 dengan memberikan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung. Anda juga dapat membantu anak-anak Anda dalam berbagai kegiatan, seperti baca cerita, bermain peran, dan mengeksplorasi dunia sekitar.

Contoh Kegiatan dalam Kurikulum PAUD 2013

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan dalam Kurikulum PAUD 2013:

  • Bermain peran
  • Menanam tanaman
  • Menggambar dan mewarnai
  • Membaca cerita dan menyampaikan pemahaman
  • Mengikuti kegiatan olahraga ringan

Dengan memahami Kurikulum PAUD 2013 dan mendukung pembelajaran anak-anak kita, kita dapat membantu mereka dalam meraih masa depan yang lebih cerah dan sukses.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Struktur Kurikulum Paud yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment