Tepuk Wudhu Anak Tk

Tepuk Wudhu

Tepuk Wudhu

Tepuk wudhu merupakan gerakan yang sudah menjadi kebiasaan bagi umat muslim ketika hendak melakukan ibadah sholat. Namun, tidak semua orang mengetahui apa itu tepuk wudhu, mengapa tepuk wudhu dilakukan, kapan tepuk wudhu dilakukan, dimana tepuk wudhu dilakukan, serta kelebihan, kekurangan, bagaimana cara melakukannya dan contohnya. Berikut akan dijelaskan secara detail mengenai tepuk wudhu.

Apa itu Tepuk Wudhu?

Tepuk wudhu merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara menepukkan kedua tangan ke atas setelah selesai berwudhu. Gerakan ini dilakukan diiringi dengan membaca doa “Ashhadu al laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhu” yang artinya “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya”.

Mengapa Tepuk Wudhu Dilakukan?

Tepuk wudhu dilakukan sebagai tanda bahwa seseorang sudah selesai berwudhu dan sudah siap untuk melaksanakan sholat. Selain itu, tepuk wudhu juga memiliki makna spiritual yang dalam, yaitu sebagai tanda berserah diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT agar sholat yang akan dilaksanakan dapat diterima dan mendapatkan keberkahan.

Kapan Tepuk Wudhu Dilakukan?

Tepuk wudhu dilakukan setelah selesai melakukan wudhu. Wudhu sendiri merupakan syarat sahnya sholat, sehingga tepuk wudhu menjadi sebuah ritus yang dilakukan sebagai tanda bahwa seseorang sudah memenuhi syarat sahnya sholat.

Dimana Tepuk Wudhu Dilakukan?

Tepuk wudhu dilakukan di tempat yang bersih dan suci, setelah selesai berwudhu. Tempat yang bersih dan suci akan membawa pengaruh pada kesucian batin seseorang sehingga dapat membuat sholat yang dilakukan menjadi lebih khusyuk.

Kelebihan Tepuk Wudhu

Tepuk wudhu memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  1. Membawa pengaruh pada kesucian batin seseorang sehingga dapat membuat sholat yang dilakukan lebih khusyuk
  2. Sebagai tanda berserah diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT agar sholat yang akan dilaksanakan dapat diterima dan mendapatkan keberkahan

Kekurangan Tepuk Wudhu

Tepuk wudhu tidak memiliki kekurangan yang signifikan, namun jika dilakukan dengan tergesa-gesa dan tidak khusyuk, maka tidak akan membawa pengaruh pada kesucian batin seseorang.

Bagaimana Cara Melakukan Tepuk Wudhu?

Berikut ini adalah cara melakukannya:

  1. Sebelum menepuk, bacalah doa “Ashhadu al laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhu”.
  2. Tepukkan kedua tangan ke atas dengan kuat kurang lebih tiga kali.
  3. Setelah itu, usapkan kedua tangan ke wajah dan kepala sebagai tanda menyucikan diri dan membersihkan batin.

Contoh Tepuk Wudhu

Berikut ini adalah contoh gambar tepuk wudhu yang dilakukan oleh anak-anak TK, PAUD sederajat:

Tepuk Wudhu Anak TK, PAUD Sederajat

Tepuk Wudhu Anak TK, PAUD Sederajat

Tepuk wudhu juga diajarkan kepada anak-anak usia dini seperti anak-anak TK, PAUD sederajat. Tepuk wudhu diajarkan agar anak-anak mulai terbiasa dengan gerakan ini sehingga ke depannya sudah menjadi kebiasaan dalam melaksanakan sholat.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tepuk Wudhu Anak Tk yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment