Contoh Latar Belakang

Contoh latar belakang makalah, proposal, masalah, skripsi, penelitian, karya ilmiah dan tulis, tugas akhir serta paper KTI / PKL yang baik dan benar. Latar belakang adalah salah satu komponen penting yang ada di dalam sebuah karya ilmiah. Latar belakang dapat berupa penjelasan mengapa sebuah masalah diangkat menjadi tema dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Latar belakang penelitian Anda akan memberikan konteks pada informasi yang dibahas di seluruh makalah penelitian. Informasi latar belakang dapat mencakup studi penting dan relevan. Ini sangat penting jika studi mendukung atau membantah tesis Anda.

Fungsi Latar Belakang

Selain itu, latar belakang penelitian ini akan membahas pernyataan masalah, alasan, dan pertanyaan penelitian Anda. Ini menghubungkan pengantar ke topik penelitian Anda dan memastikan alur ide yang logis. Dengan demikian, ini membantu pembaca memahami alasan Anda melakukan penelitian.

Memberikan Informasi Latar Belakang

Pembaca harus dapat memahami topik Anda dan kepentingannya. Panjang dan detail latar belakang Anda juga tergantung pada sejauh mana Anda perlu menunjukkan pemahaman Anda tentang topik tersebut. Memperhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut akan membantu Anda dalam menulis informasi latar belakang dalam makalah penelitian Anda:

Apakah ada teori, konsep, istilah, dan ide yang mungkin tidak dikenal oleh audiens target dan akan meminta Anda untuk memberikan penjelasan tambahan?

Adakah data historis yang perlu dibagikan untuk memberikan konteks mengapa masalah saat ini muncul?

Apakah ada konsep yang mungkin dipinjam dari disiplin ilmu lain yang mungkin asing bagi pembaca dan perlu penjelasan?

Baca Juga : Contoh Resume Jurnal, Buku, dan Makalah Terbaru

Cara Membuat Latar Belakang

Salah satu langkah awal untuk menyelesaikan tesis adalah studi latar belakang untuk itu. Studi latar belakang untuk tesis meliputi tinjauan area yang diteliti, informasi terkini seputar masalah ini, studi sebelumnya tentang masalah ini, dan sejarah yang relevan tentang masalah tersebut.

Idealnya, studi ini harus secara efektif mengedepankan sejarah dan informasi latar belakang mengenai masalah tesis Anda. Tujuan dari studi latar belakang adalah untuk membantu Anda membuktikan relevansi pertanyaan tesis Anda dan untuk mengembangkan tesis Anda lebih lanjut.

Melakukan Penelitian

Lakukan penelitian pendahuluan pada tahap awal merumuskan tesis, ketika banyak masalah tidak jelas dan pemikiran perlu diperkuat.

Melakukan penelitian pendahuluan di bidang studi Anda dan topik spesifik akan membantu Anda untuk merumuskan pertanyaan penelitian atau pernyataan tesis yang akan mengarah pada penelitian yang lebih spesifik dan relevan. Kunjungi perpustakaan Anda, internet dan database elektronik untuk menemukan sumber pendahuluan, seperti buku dan jurnal ilmiah, untuk studi latar belakang Anda.

Mencari Rujukan yang Mendukung Pertanyaan

Baca informasi dan kembangkan pertanyaan penelitian atau pernyataan tesis yang akan memandu tesis Anda. Anda harus membuat catatan dan melacak sumber yang Anda gunakan sampai saat ini dengan akurat.

Banyak orang menggunakan kartu catatan, tetapi dengan teknologi saat ini ada banyak program pembuatan catatan elektronik. Gunakan metode pencatatan informasi sumber yang Anda sukai. Pastikan untuk mengutip sumber informasi pada setiap catatan sehingga Anda tidak lupa dari mana masing-masing informasi berasal, jika Anda memutuskan untuk menggunakannya dalam tesis Anda.

Baca Juga : Contoh Rumusan Masalah yang Baik dan Benar

Menulis Masalah Utama di Dalam Karya Ilmiah

Tulis pernyataan tesis atau pertanyaan penelitian. Pikirkan tentang apa yang sudah Anda baca dan cari masalah, masalah atau solusi yang orang lain temukan dan tentukan pendapat atau pendapat Anda sendiri tentang masalah tersebut.

Tuliskan pendapat Anda sebagai pernyataan resmi tentang masalah, masalah atau solusi. Pada titik ini, Anda dapat melakukan penelitian yang lebih rinci dan menemukan sumber yang lebih relevan dengan tesis atau pertanyaan penelitian Anda.

Jadikan Tesis Lama Sebagai Rujukan

Lengkapi penelitian Anda menggunakan pernyataan tesis dan pertanyaan penelitian sebagai panduan Anda. Anda akan menemukan sumber yang relevan yang akan memberikan wawasan tentang masalah atau masalah tesis spesifik Anda. Pastikan bahwa sumber Anda memberikan perincian tentang sejarah dan penelitian terdahulu yang terkait dengan pertanyaan penelitian Anda.

Buat Alasan Logis Kenapa Anda Memilih Tema Ini

Buat bagian yang relevan saat Anda menulis studi latar belakang. Ketika Anda mengevaluasi penelitian Anda dan mulai menulis studi latar belakang, buat lima bagian terpisah yang mencakup isu-isu utama, temuan utama, dan kontroversi seputar tesis Anda, serta bagian yang memberikan evaluasi dan kesimpulan.

Identifikasi Masalah dan Beri Solusi Baru

Akhiri dengan mengidentifikasi studi lebih lanjut yang perlu dilakukan di bidang itu, atau berikan solusi yang mungkin untuk masalah yang belum dipertimbangkan sebelumnya.

Revisi dan Edit Kembali

Merevisi dan mengedit studi latar belakang Anda. Selesaikan beberapa konsep pekerjaan Anda, perbaiki dan isi informasi saat Anda pergi. Setiap kali Anda membaca pekerjaan Anda, cobalah untuk meninggalkannya lebih baik daripada sebelumnya. Ini juga merupakan ide bagus untuk meminta orang lain memeriksanya juga.

Baca Juga : Contoh Resensi Buku Terlengkap dan Terbaru

Contoh Latar Belakang Terlengkap

Berikut beberapa contoh latar belakang yang bisa Anda jadikan acuan.

Contoh Latar Belakang Makalah

Dengan berkurangnya keuangan, jarang sekali perpustakaan atau pusat informasi dapat melakukannya memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kliennya. Hanya apa yang disampaikan sebagian dari apa yang sebenarnya dibutuhkan klien mereka (Ramos & Mohd Ali, 2005).

Kolaborasi adalah diakui secara luas sebagai cara terbaik bagi perpustakaan untuk mengatasi yang  semakin meningkat tantangan: volume sumber daya informasi; sifat dan kualitas informasi; pengguna kebutuhan dan harapan; kompetensi teknologi informasi dan komunikasi dan infrastruktur; biaya sumber daya informasi yang meningkat; dan kebutuhan staf.

Namun, meskipun tantangan ini terus berlanjut, perpustakaan bekerja di bawah inisiatif kolaboratif  seperti Konsorsium Perpustakaan Akademik dan Penelitian di Indonesia Illinois (CARLI) telah mencatatkan kesuksesan luar biasa.

Tesis ini melaporkan temuan-temuan studi menyeluruh untuk menetapkan faktor-faktor itu telah membawa keberhasilan CARLI dan bagaimana faktor keberhasilan tersebut dapat diterapkan di Indonesia perpustakaan negara-negara berkembang seperti Uganda.

Penekanan ditempatkan pada pendirian kepemimpinan CARLI, pembagian tanggung jawab dan proses pengambilan keputusan sebagai serta sumber pendanaan untuk konsorsium. Juga penting untuk penelitian ini eksplorasi peran dan tanggung jawab perpustakaan anggota yang berpartisipasi dan perpustakaan mereka kontribusi dan harapan dari konsorsium.

Saya berpendapat bahwa kurangnya dana untuk memfasilitasi kegiatan konsorsium bukanlah yang  pertama. Faktor dalam kemajuan yang gagal dari kegiatan konsorsium yang direncanakan di Uganda, lebih tepatnya kurangnya kepemimpinan yang berkomitmen dan kerja sama di antara perpustakaan yang berpartisipasi bertanggung jawab atas kurangnya kemajuan.

Dalam segala bentuk organisasi atau kerja sama seperti a perpustakaan konsorsium, pendanaan tidak pernah cukup karena teknologi yang terus berubah dan permintaan terus menerus dari pengunjung perpustakaan. Namun, kepemimpinan dan kerja sama antar anggota memainkan peran yang lebih besar dalam mencapai tujuan bersama.

Memiliki dan bekerja menuju tujuan bersama, di bawah dedikasi, dinamis, dan setia kepemimpinan dengan keanggotaan aktif dan energetik memainkan peran besar dalam keberhasilan sebuah konsorsium.

Untuk membantu kemungkinan peningkatan operasi konsorsium di Uganda dan  perlu memahami kepemimpinan, tanggung jawab, penempatan staf, pengumpulan, kebijakan dan prosedur, pendanaan dan struktur perpustakaan akademik dalam keanggotaan yang berpartisipasi CARLI dibandingkan dengan Uganda. Penelitian saya telah memasukkan wawancara dengan staf CARLI dan survei kuesioner untuk semua anggota CARLI yang berpartisipasi.

Contoh Latar Belakang Makalah Bahasa Indonesia

Kebebasan informasi (FOI) telah memperoleh peningkatan kepentingan sosial di Indonesia beberapa tahun terakhir: manajemen arsip adalah disiplin yang lebih lama tetapi publik profil rendah. Studi ini berupaya untuk menempatkan FOI di Botswana.

Untuk melakukan ini secara efektif, penelitian ini juga berupaya mengungkap hubungan yang ada di antara keduanya manajemen arsip dan legislasi FOI. Dalam memeriksa FOI dan mengungkapkan ini hubungan, studi ini mengacu pada pengalaman komparatif yang diperoleh dari Botswana, Malawi, Afrika Selatan, Republik Irlandia dan Inggris (UK).

Pada pusat perbandingan adalah Botswana, sebuah negara yang pada 2006 belum diadopsi Legislasi dan indikasi FOI adalah bahwa ini jauh dari dekat.

Perbandingan akan membantu penulis menilai pendekatan Botswana saat ini terhadap ketentuan akses ke informasi dan dengan demikian menentukan apakah negara tersebut membutuhkan FOI undang-undang atau apakah itu dapat dilakukan dengan prosedur yang dimilikinya.

Perbandingannya akan juga memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang apakah pendekatan negara saat ini terhadap manajemen catatan sektor publik sudah cukup dalam membantu akses ke informasi atau membutuhkan reformasi.

Literatur FOI umumnya mengasumsikan bahwa manajemen arsip ada dan berfungsi memfasilitasi akses ke informasi. Literatur jarang menyentuh pada kemanjuran FOI undang-undang di mana manajemen arsip lemah dan gagal mempertahankan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Namun, beberapa literatur mengasumsikan bahwa undang-undang FOI memiliki kapasitas rekayasa ulang yang diperlukan untuk membuat manajemen arsip berfungsi. Niscaya, suatu kepercayaan muncul dari literatur ini, dan dari pengalaman bersama para profesional di Indonesia lapangan, bahwa manajemen catatan sangat penting untuk legislasi FOI yang efektif.

Lain sudut pandang menunjukkan bahwa undang-undang FOI dapat mengarah pada peningkatan catatan pengelolaan. Yang mendasari keduanya adalah gagasan bahwa mencatat manajemen dan FOI undang-undang dapat berbagi beberapa hubungan yang membuat satu hal penting bagi yang lain.

FOI undang – undang penting bagi warga negara dan pemerintah terlepas dari negara bagian  1 Pemerintah Botswana Kelompok Tugas Presiden Visi jangka panjang untuk Botswana: menuju kemakmuran bagi semua: Visi 2016 (Gaborone: Government Printer, 1997): 34 dan 69.

Manajemen arsip, dan manajemen arsip juga penting apakah FOI atau tidak undang-undang telah diundangkan. Namun, setiap skema FOI yang efektif akan mendapat manfaat luar biasa dari manajemen catatan yang baik, dan FOI kemungkinan akan muncul kelemahan dalam pengelolaan arsip.

Contoh Latar Belakang Proposal

Tujuan disertasi ini adalah untuk mempelajari referensi intertekstual yang ada dimasukkan ke dalam pembentukan dunia fiksi Avatar animasi Nickelodeon: Pengendali udara terakhir. Referensi intertekstual ini diambil dari budaya dan praktik di Indonesia dunia kita dan cocok dengan penciptaan dunia animasi.

Intertekstualitas adalah konsep yang tidak hanya muncul dalam teks tertulis tetapi ada dalam semua bentuk teks. Chandler (1994, hlm. 143) mencatat bahwa tidak seorang pun, bahkan untuk pertama kali, dapat melakukannya “Baca novel atau puisi terkenal, lihat lukisan, gambar atau patung terkenal, dengarkan sepotong musik terkenal atau menonton drama atau film terkenal tanpa sadar akan hal itu konteks di mana teks telah direproduksi, ditarik, disinggung, diparodikan dan sebagainya ”.

Pernyataannya menunjukkan bahwa intertekstualitas ada di mana-mana dan dalam segala hal di sekitar kita, seperti bahan yang kita baca, gambar yang kita lihat dan musik yang kita dengarkan. Di dalam belajar, kita akan melihat bagaimana intertekstualitas memainkan peran berat dalam penggambaran animasi seri.

Animasi yang dipilih untuk penelitian ini adalah yang unik, awalnya ditargetkan untuk anak-anak sekolah, tetapi yang pada akhirnya menarik minat khalayak luas dari berbagai usia dan demografi sebagai gantinya. Avatar dibuat dari perpaduan Barat dan Timur budaya — dikonsep dari produsen Amerika dengan latar belakang anime Jepang dan bioskop Hong Kong, dianimasikan di Korea dan disuarakan oleh aktor Amerika.

Jadi ini animasi tidak termasuk dalam kategori animasi Amerika atau Jepang anime, tetapi, itu adalah jenis animasi baru yang merupakan kombinasi dari keduanya.

Sebagai pengantar disertasi ini, saya akan menyatakan tujuan penelitian ini, pertanyaan penelitian dan pentingnya penelitian ini. Saya juga akan memberikan sedikit pengantar kepada Nickelodeon, perusahaan animasi yang memiliki Avatar, serta pengantar untuk Avatar itu sendiri. Akhirnya, saya akan membahas ruang lingkup dan keterbatasan penelitian ini.

Contoh Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah gerakan dari kegelapan ke terang. Ini membantu transmisi peradaban sosial. Pendidikan dalam Hukum memungkinkan warga negara mempelajari hak-hak mereka dan tugas Karena, hukum adalah perusahaan yang mengatur orang-orang dari buaian hingga makam, Pendidikan Hukum penting untuk setiap warga negara yang bertanggung jawab dari negara bebas.

Di sebuah negara demokratis seperti India, di mana aturan hukum berlaku, Pendidikan Hukum bisa dilakukan untuk semua orang. Penelitian adalah seni penyelidikan ilmiah dan pencarian sistematis untuk yang bersangkutan informasi tentang topik tertentu.

Karena mengejar penelitian adalah perpindahan dari diketahui oleh orang yang tidak dikenal, itu sebenarnya adalah perjalanan penemuan. Di sini, peneliti menyajikan laporan perjalanannya.

Dalam studi penelitian ini peneliti meneliti kebijakan nasional tentang hukum pendidikan dan menyelidiki praktik-praktik aktual yang berlaku di lembaga hukum pendidikan dalam kerangka hukum yang ada di India.

Laporan ini dalam bentuk tesis berisi delapan bab. Di bab pertama, ada sebuah narasi tentang latar belakang dan alasan penelitian, maksud dan tujuan serta pentingnya penelitian ini dinyatakan. Ini berisi garis besar survei literatur yang dibuat untuk tujuan penelitian ini.

Bab ini juga memperkenalkan pernyataan masalah penelitian dan membahas desain penelitian dan metodologi yang diadopsi dalam penelitian ini. Ruang lingkup penelitian ini adalah demarked dan akhirnya struktur organisasinya diuraikan pada bagian akhir.

Contoh Latar Belakang Skripsi

Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Contoh Latar Belakang Laporan Pkl

Contoh Latar Belakang Penelitian

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Contoh Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian

Contoh Latar Belakang Laporan Pkl

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang Prakerin

Contoh Latar Belakang Paper

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Contoh Latar Belakang KTI

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang PKM

Contoh Latar Belakang PKL

Contoh Latar Belakang Yang Baik

Contoh Latar Belakang Perusahaan

Contoh Latar Belakang Laporan PKL Mahasiswa

Contoh Latar Belakang Makalah PKN

Contoh Latar Belakang

Itulah contoh latar belakang makalah, proposal, masalah, skripsi, penelitian, karya ilmiah dan tulis, tugas akhir serta paper KTI / PKL yang baik dan benar. Semoga bermanfaat, baca juga beberapa artikel lainnya mengenai contoh di web ini.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Latar Belakang yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment