Hewan Karnivora

Hewan Karnivora

Seluruh makhluk hidup membutuhkan nutrisi atau makanan untuk dapat bertahan hidup, tidak terkecuali hewan. Kelompok hewan yang dikategorikan berdasarkan jenis makanannya ada 3, yaitu : hewan Omnivora, Herbivora, dan Karnivora. Pembahasan berikut adalah tentang hewan pemakan daging yang biasa disebut dengan kelompok hewan Karnivora.

Pengertian Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah masuk dalam kategori hewan buas, karena jenis makanan hewan karnivora berupa daging. Ada 2 makna kata dari karnivora yaitu Cao yang berarti daging, dan Vorare berarti makanan.

Hewan jenis ini memiliki kemampuan dalam berburu, dan pandai memangsa target makanannya. Hal tersebut terjadi karena kelompok hewan ini berlari secara cepat dan pandai mengintai. Keterampilan yang dimiliki hewan kelompok karnivora inilah yang dianggap sebagai hewan buas.

Terdapat beberapa hewan yang masuk ke dalam jenis karnivora akan tetapi tidak dianggap sebagai hewan buas, seperti kucing.

Ciri–Ciri Hewan Karnivora

Jenis hewan yang dikategorikan dan dikelompokkan berdasarkan makanannya ada 3, yaitu Karnivora, Herbivora, dan Omnivora. Kelompok hewan tersebut tentu memiliki jenis hewan dengan ciri – ciri yang berbeda.

Ciri–ciri hewan yang masuk dalam kategori karnivora, yaitu :

  • Mata tajam. Mata yang tajam dapat digunakan untuk berburu baik pada siang hari maupun malam hari.
  • Gigi kuat. Hewan jenis ini memiliki gigi taring yang kuat dan tajam yang digunakan untuk merobek daging.
  • Kuku atau cakar tajam.
  • Tulang belakang. Terdapat tulang belakang pada bagian tubuh hewan kelompok karnivora.
  • Indra pendengar yang peka, sehingga mudah menemukan mangsa dan memprediksi situasi.
  • Kelenjar Susu (termasuk hewan mamalia). Biasanya hewan pemakan daging memiliki kelenjar susu.
  • Berlari cepat. Kemampuan berlari yang cepat digunakan untuk menyerang dan melumpuhkan mangsa dengan cepat.
  • Paruh tajam. Paruh yang tajam hanya dimiliki oleh anggota burung dari kelompok hewan pemakan daging.
  • Hewan jenis karnivora memiliki racun atau tubuhnya yang dapat melemahkan mangsa.
  • Habitat di Hutan, dikarenakan hewan ini pemakan daging tidak terkecuali manusia, maka hewan jenis ini biasanya bertempat tinggal di hutan.

Habitat

Pada ciri – ciri di atas, hewan pemakan daging biasanya hidup di darat, akan tetapi ada beberapa hewan yang dapat hidup di udara maupun di air. Secara umum, jumlah mangsa lebih banyak di darat, maka kemungkinan hewan jenis karnivora ang hidup di daratan akan mendapatkan mangsa atau makanan yang lebih banyak.

Habitat hewan dalam kelompok karnivora atau pemakan daging biasanya hidup di padang savana dan hutan lebat.

Jenis – Jenis Hewan Pemakan Daging

Hewan pemakan daging bisa juga berada di lingkungan sekitar tempat tinggal dalam kehidupan sehari – hari. Jenis – jenis hewan yang termasuk dalam kelompok pamakan daging akan dijelaskan dalam contoh hewan berikut.

Contoh Hewan Karnivora

  1. Singa

gambar hewan vertebrata

Singa merupakan salah satu jenis hewan pemakan daging yang berasal dari spesies mamalia. Singa biasa hidup berkelompok dengan satu jenis jantan dengan banyak jeni betina. Jenis betina lebih aktif berburu,sedangkan singa jantan lebih santai dan menunggu hasil dari buruan singa betina.

Singa terkenal sebagai raja hutan, dan salah satu mamalia pemkan daging yang buas. Mangsa yang diburu merupakan mamalia dari yang kecil seperti burung, sampai mamalia yang memiliki berat badan sekitar 500Kg. Reptil dan juga serangga menjadi makanan sehari – hari yang dengan mudah dimangsa.

  1. Harimau

gambar hewan vertebrata

Harimau merupakan salah satu jenis kucing besar dalam kelompok mamalia. Bentuk tubuhnya lebih besar, dan kecepatan yang lebih baik dari pada jenis kucing yang lain seperti raja hutan, macan tutul, dan lainnya.

Kecepatannya dapat memudahkan dalam berburu mangsanya dengan lincah. Cenderung berburu jenis hewan yang memiliki ukuran tubuh besar seperti sapi, rusa, kerbau, dan zebra. Ciri – ciri yang dimiliki hewan mamalia ini adalah memiliki tulang belakang, dan jenis hewan yang berdarah panas.

  1. Buaya

gambar hewan Karnivora

Buaya adalah jenis hewa pemakan daging yang terkenal buas dan hidup di air. Buaya masuk dalam kelomok reptile, dan memiliki tulang belakang, serta memiliki ciri berkembang biak secara Ovovivipar.

Habitat utamanya di air, dan dapat ditemukan di air tawar, danau atau perairan payau, dan juga di rawa. Buaya biasa memakan jenis reptile, namun terkadang juga jenis mamalia, moluska, bahkan sampai manusia juga dapat menjadi mangsanya.

  1. Anjing

gambar hewan karnivora

Anjing merupakan hewan dalam anggota mamalia pemakan daging. Penyebarannya sangat luas dan berkembang dengan sangat baik, sehingga menghasilkan bermacam – macam spesies.

Hewan ini biasanya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari – hari, karena dijadikan sebagai hewan peliharaan. Walaupun termasuk sebagai hewan pemakan daging, namun karena bulunya yang bagus hewan ini menjadi hewan peliharaan. Anjing juga dapat berperan sebagai penjaga, karena termasuk jenis hewan yang pintar dan dapat dilatih dengan baik.

  1. Komodo

Komodo merupakan spesie kadal terbesar di dunia dengan panjang 2 hingga 3 meter. Habitat aslinya berada di kepulauan Flores, Indonesia. Komodo memiliki ciri – ciri berkembang biak secara Ovovivipar, dan pemangsa jenis mamalia dan juga reptil, maupun jenis lainnya.

  1. Kucing

gambar hewan karnivora

Tubuh kecil yang indah dan tertutupi dengan bulu – bulu lembut menjadi keunikan tersendiri bagi manusia yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Walaupun Sebagian orang menjadikan kucing sebagai peliharaan, namun bagi beberapa orang yang alergi atau tidak suka dekat – dekat dengan hewan kecil mamalia pemakan daging ini.

  1. Burung Hantu

burung hantu

Burung hantu masuk anggota burung buas pemakan daging, dan merupakan hewan malam atau noktural. Burung hantu biasanya memakan serangga, tikus, dan kodok, serta beberapa hewan yang lainnya.

Burung hantu memiliki keunikan tersendiri, yaitu mata besar dengan kemampuan memutar kepala sampai pada titik 180 derajat ke arah belakang.

  1. Elang

burung elang

Elang merupakan salah satu dari jenis burung pemaan daging. Makanan elang berupa ayam, tikus, dan tupai, serta beberapa spesies dari serangga juga menadi mangsa dari burung ini, namun makanan utamanya adalah mamalia.

  1. Ikan Hiu

ikan hiu

Hiu merupakan salah satu jeni ikan yang memiliki kerangka tubuh yang lengkap dan bentk tubuh ramping. Ciri dari ikan ini adalah bernapas menggunakan 5 liang insang bahkan bisa sampai 7 insang. Ciri lainnya yaitu tubuh dilapisi kulit demal denticles yang digunakan untuk melindungi tubuh dari kerusakan, dan juga menambahkan dinamika air pada tubuh.

  1. Serigala

gambar hewan karnivora

Serigala memiliki nama ilmiah yaitu Canis Lupus. Serigala termasuk jenis pemakan daging dari spesies mamalia dan masuk ke dalam kelompok anjing. Akan tetapi, anjing lebih jinak dan dapat hidup di lingkungan sekitar manusia, sedangkan serigala memiliki insting pemburu yang ganas, dan sulit bahkan tidak akan bisa dijinakkan sebagai hewan peliharaan.

Begitulah penjelasan yang dirangkum dalam pengertian, ciri – ciri, sampai contoh – contoh hewan pemakan daging yang biasa disebut denga Karnivora. Selain 10 contoh di atas, terdapat juga beberapa contoh hewan yang lain seperti : Macan Tutul, Musang, Rajawali Totol, Citah, Beruang Madu, Macan Dahan, Ular, Bangau, serta jenis Burung yaitu Burung Pelikan.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment