kingdom monera

Kingdom Monera

Penjelasan lengkap apa itu kingdom monera mulai dari pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, gambar, dan contoh makalah terbaru yang benarnya.

Pengertian Kingdom Monera

Apa itu kingdom monera? Kingdom monera adalah kelompok atau kerajaan dari makhluk hidup bersel tunggal yang prokariotik. Sebenarnya, moneral merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani moneres yang mempunyai arti tinggal. Makhluk hidup yang termasuk ke dalam kingdom monera memiliki struktur tubuh yang sederhana dan hanya terdiri dari satu sel makhluk hidup.

Selain itu, inti selnya masih belum memiliki kariotek atau membran inti. Inilah yang membuatnya dinamakan sebagai makhluk hidup prokariotik. Selain dinamakan monera, kingdom ini juga disebut sebagai bakteri. Sekadar informasi bahwa bakteri merupakan kata yang berasal dari bakterion yang berarti batang yang sangat kecil.

Jadi, sesuai dengan nama kerajaannya, organisme yang termasuk ke dalam kingdom bakteri adalah mereka yang memiliki sel tunggal. Monera sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria atau Sschizomycetes dan Cyanophyta atau alga hijau-biru. Akan tetapi, pengelompokkan tersebut sekarang sudah tidak digunakan lagi. Mengapa? Karena sudah banyak temuan yang membuktikan bahwa Cyanophyta lebih sesuai disebut sebagai bakteria dan akhirnya disebut Cyanobacteria.

Ciri-Ciri Kingdom Monera

Setiap kingdom pastinya memiliki ciri masing-masing. Tidak terkecuali dengan kingdom monera. Berikut ini merupakan beberapa ciri yang dimiliki oleh kingdom bakteri:

1. Uniseluler

Ciri pertama dari organisme yang tergolong ke dalam kingdom bakteri adalah tersusun dari satu sel atau uniseluler. Perlu Anda tahu bahwa salah satu alasan mengapa alga hijau dan bakteri dikeluarkan plantae adalah karena kedua organisme ini memiliki sel satu. Untuk itulah, keduanya kemudian dimasukkan ke dalam kingdom monera.

2. Memiliki Bentuk Sel yang Bervariasi

Ciri yang kedua adalah organisme yang masuk ke dalam kingdom monera memiliki bentuk sel yang bervariasi. Jika Anda perhatikan, ada organisme yang selnya berbentuk batang (basil), spiral, bulat (cocus), ada juga yang berkoloni, dan ada juga yang tidak. Sementara itu bentuk koloni yang terbentuk adalah gabungan dari dua sel (diplococus/ diplobasil), rantai (streptobasil/streptococcus), kubus (sarcina), dan juga anggur (straphylobasil/straphylococcus).

3. Selnya Bertipe Prokariotik

Semua anggota dari kingdom bakteri adalah mereka yang mempunyai sel bertipe prokariotik. Prokariotik adalah tidak mempunyai init sejati. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya membran inti yang ada pada selnya. Maka dari itu selnya dinamakan sebagai nukleoid.

4. Mempunyai Dinding Peptidoglikan

Ciri ciri kingdom monera selanjutnya adalah memiliki dinding peptidoglikan. Dinding sel yang menyusun alga biru dan bakteri tidak sama dengan dinding sel yang menyusun tumbuhan. Pada dinding bakteri, selnya terbuat dari peptidoglikan sementara pada tumbuhan dinding selnya tersusun dari selulosa. Akan tetapi, beberapa bakteri diketahui dinding selnya tersusun tidak dari  peptidoglikan atau kelompok archaebacter.

5. Tidak Memiliki Organel Bermembran

Masih ada ciri lain yang terdapat pada kingdom bakteri. Ketiadaan membran inti pada organisme monera menyebabkan organisme pada kingdom ini tidak mempunyai organel-organel bermembran. Beberapa organel bermembran tersebut antara lain: badan golgi, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, vakuola, dan juga lisosom. Sementara itu, organel yang ada pada monera antara lain: mesosum, nucleoid, klorofil, ribosom, dinding sel, serta membran sel.

Klasifikasi Kingdom Monera

kingdom monera

Klasifikasi pada monera dibagi menjadi dua yaitu Eubacteria dan Archaebacteria. Di bawah ini merupakan penjelasan selengkapnya tentang keduanya.

1. Eubacteria (Bakteri)

Orang yang pertama kali menemukan bakteri adalah Antony van Leeuenhoek yang juga merupakan seorang penemu mikroskop lensa tunggal. Antony menemukan bakteri pada tahun 1674. Dia merupakan seorang ilmuan dari Belanda. Sementara itu, untuk istilah bakteri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuan bernama Ehrenberg pada tahun 1828.

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh bakteri atau eubacteria antara lain:

  • Dikarenakan dinding sel tersusun oleh peptidoglikan maka bentuk selnya tetap
  • Eubacteria bersifat uniseluler dan hidup sendiri-sendiri atau soliter maupun koloni atau berkelompok
  • Eubacteria memiliki panjang rata-rata mencapai 2 sampai 3 µm, kemudian lebarnya sekitar 1 sampai 2 µm serta diameternya sebesar 1 mikron
  • Mikroorganisme diketahui mampu membentuk endospora atau spora yang memiliki dinding tebal serta tahan terhadap kondisi yang buruk
  • Struktur tubuhnya terdiri dari kapsul, membran plasma, dinding sel, DNA, sitoplasma, ribosom, mesosom, serta plasmid
  • Reproduksi yang terjadi yaitu secara seksual dan aseksual. Untuk reproduksi seksual meliputi transformasi, konjugasi, dan transduksi. Sementara itu, reproduksi aseksualnya meliputi pembelahan biner

2. Archaebacteria

Archaebacteria pertama kali ditemukan pada 1977 oleh seseorang bernama carl woessedan george fox. Perlu Anda tahu bahwa archaebacteria berasal dari bahasa Yunani yaitu archaio yang berarti kuno. Banyak para ahli berpendapat jika archaebacteria merupakan sel yang paling kuno yang sebenarnya juga merupakan kerabat dekat dari organisme eukariotik (organisme yang memiliki membran inti sel).

Archaebacteria merupakan organisme yang hidup di lingkungan yang ekstrim seperti lingkungan awal bumi. Archaebacteria memiliki perbedaan dengan eubacteria dari susunan basa nitrogen di dalam rRNA, dalam komposisi membran plasma, serta pada dinding selnya. Dinding sel pada archaebacteria tidak memiliki peptidoglikan.

Meskipun jika kita melihatnya secara struktural bentuknya hampir sama dengan prokariotik uniseluler, namun archaebacteria nyatanya lebih mirip dengan organisme eukarotik dibandingkan dengan bakteri. Hal ini terjadi karena translasi dan transkripsi genetiknya yang mirip dengan eukariotik.

Untuk ciri-ciri yang terdapat pada archaebacteria antara lain:

  • Archaebacteria memiliki bentuk spiral, batang, bulat, atau tidak beraturan
  • Beberapa jenis ada yang berbentuk sel tunggal sementara ada jenis lainnya yang berbentuk koloni atau filamen
  • Memiliki ukuran tubuh sekitar  0,1-200 µm
  • Tergolong organisme prokariotik
  • Diduga sebagai makhluk pertama yang ada di dunia
  • Memiliki struktur tubuh yang sederhana
  • Hidup sendiri atau soliter serta berkelompok atau koloni
  • Membran plasma mengandung lipid serta memiliki rantai hidrokarbon yang bercabang yang ada pada gliserol dengan ikatan eter

Perbedaan Kingdom Monera dan Protista

Sebagai penutup dari pembahasan kita kali ini, maka kami akan memberikan informasi tentang beberapa perbedaan kingdom monera dan kingdom protista. Ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan mana organisme yang termasuk contoh kingdom monera dan mana yang tergolong kingdom protista.

Karakteristik

Kingdom Monera

Kingdom Protista

Struktur sel Prokariotik bersel satu dan tidak mempunyai organel yang melindungin membran Eukariotik bersel satu dengan organel yang melindungi membran
Ada tidaknya flagella dan cilia Biasanya tidak ditemukan flagella dan cilia Beberapa organisme diketahui mempunyai struktur ini yang digunakan untuk bergerak
Moda nutrisi Berupa autotrof atau heterotrof Parasit, fotosintesis, dan holozoic
Mode reproduksi Aseksual (pembelahan atau tunas) Bisa aseksual (pembelahan biner atau banyak)
Kelompok organisme Bakteri, cyanbacteria, alga hijau biru Diatom, alga bersel satu, protozoa

Itulah sekilas tentang perbedaan kingdom monera dan protistia. Sebenarnya masih terdapat beberapa perbedaan antara kedua kingdom ini. Namun yang terpenting semoga setelah ini Anda tidak bingung lagi jika diminta untuk membedakan mana organisme yang termasuk ke dalam kingdom bakteri dan mana yang tergolong ke dalam kingdom protista.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment